Mengenal perlengkapan digital marketing eterpreneurship

persiapan apa saja untuk memulai digital marketing atau online marketing


langkah mudah untuk berjualan online untuk pemula











Ecommerce memiliki arti Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Dewasa ini sangatlah pesat perkembangannya, dan untuk pengguna internet itu sendiri indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbesar di dunia, hampir 130 juta orang sudah memiliki akses internet baik secara mobile maupun device non mobile lainnya.

Sebagai masyarakat indonesia khususnya pelaku bisnis konvensional tentunya haruslah mengikuti arus perkembangan teknologi informasi yang sedang tren saat ini, kalau tidak up to date siap siap saja untuk tergerus kemajuan teknologi yang semakin keras tingkat kompetitifnya. Berapa banyak jumlah pengusaha konvensional (sebut saja offline store metode) yang beralih ataupun menambah inovasi pemasaran mereka dengan layanan Ecommerce atau online marketing yang berhasil dan sukses mendulang pundi pundi rupiah? jawabanya sudah banyak, banyak dalam arti ucapan tetapi sebenarnya jika dilihat dari statistik world of eccomerce person hanya 9 % saja enterpreneur di indonesia yang melakukan ecommerce tersebut.

Pada bahasan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi bagaimana langkah awal membangun strategi digital marketing atau online marketing yang mudah mudahan bermanfaat untuk pemula yang ingin merintis usaha ataupun mengembangkan usahanya di sektor online marketing.

1. Gunakan Online market place massive yang sedang banyak digunakan pencari informasi produk (target customer pengguna internet)
 Ada banyak online market place (Lapak jual beli online) di indonesia, contohnya :
- Bukalapak
-Tokopedia
- OLX
- Shopee
- Blanja
- Lazada
dll

Menurut persepsi saya sebagai penggiat digital marketing, Bukalapak & Tokopedia masih mendominasi tingkat transaski di bidang ecommerce khususnya sektor personal brand/usaha kecil menengah, karena registrasi pelapak/penjual sangat mudah, tingkat sekuritas transaksi yang aman karena menggunakan fasilitas pihak ketiga, adanya review atau ulasan produk yang dijual oleh pelapak, jenis pengiriman barang yang bervariatif serta adanya fitur Retur.

2. Gunakan social media sebagai alat promosi gratis yang sangatlah bermanfaat & efektif
Banyaknya pengguna sosial media di indonesia tidak menutup kemungkinan sebagai peluang besar di mata seorang enterpreneur, dengan penegemasan catalog digital yang menarik perhatian visitor/follower tentu saja menambah daya tarik produk yang anda tawarkan. 
Silahkan anda lihat statistik pengguna social media di indonesia terbaru yang dilansir oleh statistik world berikut :
statisk pengguna social media terbaru 2017









 
Peringkat pertama masih dipegang oleh facebook dan peringkat kedua oleh instagram.
Tidak ada salahnya anda mempublish produk yang anda tawarkan ke dua flatform social media diatas. tentu saja dengan pengemasan foto yang menarik dan tanpa dilebih lebihkan.

3. Gunakan aplikasi messenger yang mempunyai fungsi broadcast
Pengguna smartphone di indonesia merupakan salah satu pengguna smartphone terbanyak di dunia, bisa dipastikan mereka telah menginstall beberapa jenis aplikasi messenger/perpesanan online yang terpasang di smartphone mereka. Gunakan kesempatan tersebut untuk menawarkan produk yang anda jual dengan fitur broadcast atau siaran yang dimiliki beberapa aplikasi messenger berikut :
 - Line@ atau lineat salah satu aplikasi perpesanan online yang mempunyai fitur profil store dan masal broadcast, jika anda mempunyai budget sekitar 500 ribuan per tahun tidak ada salahnya anda membuat account dengan nama store anda misalnya : @jailbodyinside ,selain mudah diingat tentu saja memiliki tingkat prestisius dan kredibilitas, tetapi jika anda ingin mencobanya gratis tentu saja bisa dengan catatan ID random tidak bisa disesuaikan dengan nama store yang anda inginkan.
Berikut contoh tampilan line@ :



















- BBM 
sama halnya dengan line@ diatas, bbm pun mempunyai fitur broadcast masal hanya saja tidak bisa menyimpan foto produk selengkap line@, tapi overall fiturnya sudah cukup untuk membuat media promosi menjadi efektif. sekarang BBM ada store nya yang mana memungkinkan anda memiliki nama account yang exclusive sesuai dengan nama store yang anda inginkan hanya saja sistem pembayarannya perbulan.

4. Manfaat microsite seperti Blog & wordpress untuk memperkuat posisi anda di google
Buatlah sebuah blog yang berisi tentang profil usaha dan alamat anda yang sangatlah berguna sebagai identitas profil usaha anda, berikan hiperlink dengan tautan profil online market place anda misalnya di Bukalapak atau Tokopedia. gunakan fitur Widget yang disediakan oleh buka lapak untuk anda simpan di layout blog atau microsite anda yang mana berfungsi sebagai banner promosi yang saling bertaut antara satu dan lainnya.

5. Buatlah webstore atau toko online sendiri
Dengan mempunyai website tentang profil usaha anda, tidak menutup kemungkinan kredibilitas anda dimata konsumen akan menambah. selain tingkat kepercayaan konsumen yang meningkat anda pun bisa membuat toko online yang menarik perhatian konsumen secara pengemasan dan estetika.
Saat ini membuat toko online tidaklah sulit, hanya dengan 500 ribuan saja anda sudah bisa memiliki toko online sendiri atau webstore.

Demikianlah tips langkah awal memulai usaha online untuk pemula, terima kasih semoga bermanfaat

Menerima jasa pembuatan website, toko online, jasa marketing online , fotographi produk/wedding/videoshoot, Design graphics & jasa admin online

WA : 0812 1403 9888
line : @jailbodyinside
BBM : D74B6123 
#jailbodyinside


Tidak ada komentar

Setelah tahap moderasi, Pesan anda akan tampil. Terima kasih.

powered by :
portoforio.blogspot.co.id

Sering Dilirik...

Diberdayakan oleh Blogger.